Jumat, 01 Maret 2013

Kisah Peternak LeLe

Asahan, 18 Juni 2012
Budidaya Lele Jumbo, Pengembangan Ekonomi Lokal Kelurahan Siumbut Baru

Oleh:
Rahdiansyah Pane, ST 
Asisten Kota Infrastruktur
Koordinator Kota 4 Tebing Tinggi – Asahan
KMW/OC 1 Sumatera Utara
PNPM Mandiri Perkotaan
Kelurahan Siumbut Baru adalah salah satu kelurahan di wilayah perkotaan yang berada di Kecamatan Kota Kisaran Timur, Kabupaten Asahan, merupakan salah satu kelurahan yang memperoleh Program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK) di Tahun 2012 ini. Awalnya, Siumbut Baru merupakan bagian Kelurahan Siumbut Umbut. Akibat pemekaran, kelurahan yang akhirnya mandiri menjadi kelurahan tersendiri dan dikenal dengan nama Siumbut Baru itu memiliki luas area 770 Hektare dan terdiri dari 10 lingkungan yang dihuni 4337 jiwa.
Kelurahan Siumbut Baru dahulu dikenal sebagai lahan pertanian dan perikanan, yang sangat potensial sebagai penghasil beras, sayur-mayur dan cokelat. Namun, seiring pertumbuhan penduduk, sebagian lahan pertanian dan perikanan di kelurahan ini dijadikan area permukiman warga setempat maupun pendatang, sehingga lahan pertanian dan perikanan kian hari kian berkurang.
Lele Jumbo, budidaya yang berpotensi tinggi
memperbaiki ekonomi warga Kelurahan Siumbut Baru 
Walau demikian, kelurahan ini masih diperhitungkan di bidang pertanian dan perikanan. Apalagi dalam budidaya ikan Lele Jumbo, Kelurahan Siumbut Baru kerap menjadi pusat perhatian pengembangan dan produksi ikan Lele Jumbo. Memanfaatkan lahan yang ada, warganya masih mampu mengembangkan potensi kelurahan.
Budidaya ikan Lele Jumbo menjadi usaha menambah penghasilan warga. Selain mudah dipelihara, Lele Jumbo mudah pula dipasarkan. Oleh karena itu, budidaya Lele Jumbo menjadi populer di kalangan warga, dengan memanfaatkan sisa lahan dan pekarangan rumah sebagai kolam budidaya.
Dalam prosesnya, bagi warga, kegagalan bukanlah kendala. Selalu mencoba dan menekuninya adalah solusi menuai hasil yang diinginkan. Salah seorang warga, sebut saja Pak Rased, yang menggeluti usaha budidaya Lele Jumbo dapat memenuhi kebutuhan hidup keluarga hingga membiayai sekolah anak-anaknya sampai perguruan tinggi.
Berkat kesabaran dan keuletannya, bapak beranak lima ini mampu mewujudkan impian keluarga dengan memanfaatkan hasil budidaya Lele Jumbo untuk menopang kebutuhan hidup. Upayanya merupakan salah satu contoh usaha yang patut diambil manfaatnya dan membuktikan bahwa impian bisa jadi kenyataan. Belajar dari pengalaman Pak Rased, warga lainnya pun termotivasi mengembangkan budidaya Lele Jumbo.

Diskusi kelompok membahas
soal pemeliharaan Lele Jumbo 

Kebersamaan Kelompok Budidaya Lele Jumbo
saat memberi pakan

Kunjungan dari Dinas Perikanan dan Kelautan

Kabupaten Asahan saat memasukkan bibit
Pengalaman Pak Rased berawal dari lahirnya kelompok potensial bernama Sri Maju, sebagai wadah membangun kebersamaan. Kelompok yang diketuai Suwito itu diharapkan mampu menjalin kemitraan dengan pihak luar, terutama pemerintah melalui Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Asahan.
Kelompok Sri Maju, yang merupakan binaan Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Anugrah, Kelurahan Siumbut Baru ternyata berhasil bermitra dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Asahan.
Pada tahun 2011 yang lalu, Sri Maju memperoleh bantuan ikan Lele sebanyak 3.000 ekor. Walaupun usulan gagasan itu tidak seluruhnya terpenuhi, bantuan yang diperoleh sangat bermanfaat bagi warga untuk keberlanjutan usaha. Dalam pengelolaan budidaya ini, pihak dinas turut andil dalam pembinaan dan pengawasan. Bahkan, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Asahan turun langsung ke lokasi guna bertemu kelompok dan memberikan bimbingan teknis budidaya ikan lele, mulai dari pembibitan, pemeliharaan hingga pemasaran hasil panen.

Proses pembuatan

kolam warga

Kolam Warga

Panen Lele Jumbo

Pengarahan Kadis Perikanan dan Kelautan
Kab. Asahan saat panen ikan Lele Jumbo

Kadis Perikanan dan Kelautan Kab. Asahan
tampak menyaksikan panen Lele Jumbo
Kini budidaya ikan lele itu terus berlanjut dan dikelola dengan baik. Setiap panen, sebagian hasilnya disisihkan untuk menambah bibit baru dan kebutuhan operasional. Kelompok Sri Maju juga pernah memberikan santunan sosial kepada anak yatim sebanyak 8 orang, yang besarannya disesuaikan dengan jumlah laba bersih yang diperoleh.
Kelompok bertekad akan mengembangkan budidaya ikan Lele Jumbo sekaligus produksinya. Direncanakan, ikan lele ini diproduksi dalam kemasan sale, atau biasa dikenal Ikan Lele Sale. Dengan dikemas dengan cara ini, diharapkan dapat menarik minat pihak luar, baik sektor usaha maupun pemerintah dalam memberikan dukungan modal maupun pemasarannya. Diyakini pengembangan usaha ini merupakan potensi meningkatkan perekonomian masyarakat. (Sumut)
Editor: Nina K. Wijaya

1 komentar:

  1. Perkembangan produk-produk peternakan dan perikanan semakin maju seiring berkembangnya ilmu pengetahuan. Berikut beberapa produk peternakan dan perikanan :

    PRODUK OBAT-OBATAN, VITAMIN, VAKSIN Produksi :
    - PT. Sanbe Veterinary and Aquatic
    - PT. Indosco Boster
    - PT. Natural Nusantara
    - PT. Wonderindo Pharmatama
    - PT. Multifarma Satwa Maju
    - PT. Sarana Veterinaria Jaya Abadi
    - PT. Medion
    - PT. Eka Farma
    - Dll.

    PRODUK PROBIOTIK DAN HERBAL Produksi :
    - Pradiptha Paramita (Minaraya, Jampistres, GraciMax, Promix, GrowBig, Racun Lalat, dll.)
    - Simba Plus (RajaLele, RajaGrameh, SPF, Nutrisi, Nature, dll.)
    - Tamasindo Veterinary (Probio-7, Planton, Raja Siam, Raja Ikan, Proten 2000, dll.)
    - Indosco Boster (Planktop, Sel Multi, Aqua Enzim, Manstap, dll)
    - Nutrend International (Herbafarm Ternak dan Herbafarm Ikan)

    PRODUK PERALATANAN PETERNAKAN dan HASIL PRODUKSI TERNAK :
    - Mesin Penetas Telur Kapasitas 30, 50, 75, 100, 200, 500, 1000, 1500 butir
    - Peralatan Peternakan Hewan Besar
    - DOC/ Bibit Ayam Kampung dan DOD/Bibit Itik
    - Calon Induk Itik Petelur

    Maju Bersama Poultry Shop
    Jl. Sudirman 242 (Simp. Bedagai – Depan Majestyk), Sei Rampah, Kab. Serdang Bedagai, Sumatera Utara
    HP: 0852.57090.372
    www.majubersamaps.com


    BalasHapus